Struktur dan Fungsi Bunga

bagian-bagian bunga dan fungsinya

Bagian-Bagian Bunga dan Fungsinya

Secara umum ada 4 bagian utama dalam struktur bunga yaitu mahkota bunga, kelopak bunga, benang sari dan putik. Pada beberapa bunga juga ada bagian lain seperti tangkai bunga, dasar bunga, bakal biji dan daun pelindung. Di bawah ini akan dijelaskan struktur bunga dan bagian-bagian bunga beserta fungsi dan pembahasannya secara lengkap.

Mahkota Bunga

Mahkota bunga atau disebut sebagai corolla merupakan bagian bunga yang paling mencolok. Fungsi mahkota bunga untuk menarik serangga. Warna mencolok mahkota bunga berfungsi untuk menarik perhatian serangga penyerbuk untuk proses penyerbukan.Secara morfologi, mahkota bunga merupakan modifikasi daun dan berfungsi pula untuk melindungi organ reproduksi.

Kelopak Bunga

Kelopak bunga atau disebut sebagai calyx. Fungsi dari kelopak bunga adalah melindungi mahkota bunga ketika masih kuncup dan akan terbuka jika mahkota mekar.

Benang Sari

Fungsi benang sari adalah sebagai alat kelamin jantan atau dikenal sebagai androecium. Bunga biasanya terdiri dari empat kotak sari, disebut mikrosporangia sebagai organ reproduksi jantan pada bunga. Benang sari umumnya terdiri dari 3 bagian yaitu:
  • Tangkai sari (filament), yaitu bagian benang sari yang membuat posisi kepala sari berada cukup tinggi dari bunga untuk membantu proses penyerbukan bunga
  • Kepala sari (anter), yaitu bagian paling ujung dari tangkai sari dengan ruang-ruang untuk dapat menampung serbuk sari
  • Serbuk sari (polen), yaitu bagian benang sari yang terdiri dari sel-sel kelamin jantan yang digunakan saat proses penyerbukan

Putik

Fungsi putik adalah sebagai alat kelamin betina atau dikenal sebagai gynoecium. Biasanya putik terletak di bagian tengah-tengah bunga. Putik mengandung sel telur yang berguna pada proses pertumbuhan.
 Putik umumnya terdiri dari 3 bagian yaitu:
  • Tangkai putik (stilus), yaitu bagian putik yang membuat posisi kepala putik berada cukup tinggi dari bunga untuk membantu proses penyerbukan bunga
  • Kepala putik (stigma), yaitu bagian putik yang paling ujung atau pucuk dari putik
  • Bakal buah (ovarium), yaitu bagian putik yang mengandung sel telur dan terletak di dasar bunga

Bakal Buah

Bakal buah atau disebut sebagai ovarium juga termasuk salah satu bagian-bagian bunga. Fungsi bakal buah adalah sebagai tempat terjadinya pembuahan, dimana terjadi peleburan antara gamet jantan dengan gamet betina, sehingga dimungkinkan terbentuknya bakal buah.

Bakal Biji

Bakal biji adalah bagian bunga yang biasanya ditemui pada tumbuhan berbiji. Fungsi bakal biji adalah untuk melindungi dan menjadi tempat pertemuan sel-sel telur yang dibuahi serbuk sari melalui proses penyerbukan.

Tangkai Bunga

Nama latin dari tangkai bunga adalah pedicellus. Fungsi tangkai bunga adalah menjadi penghubung antara bunga dengan ranting. Singkatnya, tangkai bunga juga berfungsi sebagai penopang bunga.

Dasar Bunga

Dasar bunga menjadi bagian bunga yang terletak di bagian ujung bawah. Nama latin dari dasar bunga adalah receptacle. Fungsi dasar bunga berguna sebagai tempat melekatnya mahkota bunga. Mahkota bunga dan bagian-bagian bunga lain bertumpu pada dasar bunga ini.

Daun Pelindung

Nama latin daun pelindung pada bunga adalah brachtea. Daun ini adalah daun yang di sisi-sisinya ditumbuhi bunga yang tumbuh dan berkembang. Fungsi daun pelindung memang sebagai tempat tumbuh bunga.

Daun Tangkai

Nama latin dari daun tangkai adalah brachteola. Letak dari daun tangkai ini berada di pangkal tangkai bunga. Fungsi daun tangkai berperan sebagai pelindung dari bagian-bagian bunga lainnya.

Komentar

Postingan Populer